Geany, Notepad ++ For Linux


Sekitar 4 hari berturut turut sy memakai Windows untuk keperluan coding PHP, terasa biasa saja, karena memang saya biasa menggunakan nya😀. Alasan kenapa saya menggunakan windows ? itu karena saya suka editor notepad ++, dan tidak ada untuk linux, terlebih lagi apache2 yang berjalan diatas windows bisa menampilkan line error ketika menjalankan program PHP di browser, dan hal ini tidak saya dapatkan di apache yg berjalan diatas flatform linux. Pada dasarnya masalah line error yang muncul, bukanlah masalah sistem operasi, melainkan masalah configurasi di apache, hal ini saya sadari ketika mengembalikan pola pikir, kalau apache adalah sebuah aplikasi dan Linux adalah OS, dan masalahnya adalah di aplikasi, bukan di OS. Kebetulan seorang teman tempat saya belajar php juga mengingatkan untuk config apache. Akhirnya saya config apache nya biar bisa menampilkan line error, dan akhirnya kembali menggunakan Linux.

Sebelum nya banyak pertanyaan kenapa saya pakai windows, padahal teman-teman yang mengenal saya, mereka tahunya saya lebih sering memakai linux daripada windows, dan yang mengherankan mereka lagi, sistem windows saya adalah Trial, tingal sebentar lagi. Bukan karena tidak bisa ngeCrack windows agar bisa jadi versi GENUINE atau tidak, tapi murni karena ingin menghindari memakai sistem bajakan. Tak sedikit yang bilang kalau saya sok “SUCI” karena tidak mau ngeCrack. Well saat itu memang saya sedang melow jadi milih trial daripada ngeCrack, padahal biasanya saya ngeCrack😛. dan sering kali melakukan experimen ngeCrack aplikasi yang berjalan diatas Windows *Hobi*.

Back to topik====> yang ingin saya curhatkan adalah sebuah aplikasi dilinux yang mirip dengan notepad++ yang bernama GEANY. Suweeer aplikasi ini keren banget, bahkan menurut saya lebih keren dari editor yang memang khusus untuk ngoding PHP seperti Bluefish dan sejenisnya….

Lebih lanjut tentang Geany akan saya bahas dilain tulisan,,,,,,

5 thoughts on “Geany, Notepad ++ For Linux

  1. bejo says:

    tapi koq nggak ada explorer nya ya seperti notepad ++ ?? tidak bisa di split sperti UltraEdit. tidak autocomple seperti eclipse. haa… haa

    yang komplit bayar ya??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s