Harus Ku Syukuri atau Gigit Jari ?


wisuda

Saat ini status saya masih Mahasiswa disalah satu perguruan tinggi swasta di Jawa, tepatnya di kota Malang dengan jurusan sistem informasi. Ada yang menarik dari status ini, entah mungkin saya bisa dibilang masih Mahasiswa atau bukan!. Yang jelas semua beban SKS telah ditempuh dan surat kelulusan pun sudah saya terima dengan predikat yang lumayan bagus, kendati bukan yang terbaik. Namun hal terbaik saya lakukan untuk mendapatkan predikat tersebut.

Hal yang lucu saya dengar ketika teman-teman memberi selamat dengan diiringi kata-kata yang biasa saya dengar yaitu ” Selamat ya telah jadi S.Kom” Ya yang mereka maksud adalah selamat telah mendapatkan gelar Sarjana Komputer. Menggelitik ditelinga rasanya, karena tidak pernah terlintas dalam benak untuk menambahkan rentetan nama ku yang lengkapnya Sa’atul Ihsan harus saya tambah dengan S.Kom.

Well saya melihat banyak orang-orang keren di dunia ini tidak menuliskan gelar di belakang maupun di depan namanya, sebut saja Rusmanto Maryanto, kendati beliau adalah insinyur namun saya tidak pernah melihat ada gelar didepan maupun dibelakang ketika namanya ditulis disebuah spanduk ataupun di majalah yang biasa beliau isi.

Harus ku syukuri atau gigit jari ? Ya saya membandingkan diri dengan orang-orang sekelas Linus Torvald, Steve Wozniak, RMS, dan sederet hacker kelas atas lain nya maka saya tidak ada apa-apanya. Membandingkan diri yang saya maksud disini adalah bukan dalam hal kemampuan melainkan dalam hal penulisan sebuah nama. Dari kesemua orang yang saya tulis diatas hampir jarang ditemukan gelar di depan maupun di belakang nama mereka.

Jika anda ada yang bertanya sederetan nama yang saya sebut diatas apakah mereka lulus kuliah ? karena selama ini banyak yang mengira mereka tidak lulus kuliah dan DO seperti para petinggi raksasa teknolog saat ini seperti Facebook dengan Mark Zuckerberg, Apple dengan Steve Jobs, Blackberry dengan Mike Lazaridis. Berikut cuplikan pengharggan yang mereka terima

Steve Wozniak’s Honorary Doctor of Engineering degrees

  • University of Colorado at Boulder – 1989
  • Kettering University – 2005
  • North Carolina State University – 2005
  • Nova Southeastern University – 2005
  • ESPOL University in Ecuador – 2008
  • Michigan State University – 2011
  • Concordia University in Montreal Canada – June 22, 2011
  • State Engineering University of Armenia – November 11, 2011

Stallman has received the following recognition for his work:

Academics Of Linus Torvalds

In 1997, Torvalds received his Master degree (Laudatur Grade) from Department of Computer Science, University of Helsinki. Two years later he received honorary doctor status at Stockholm University, and in 2000 he received the same honor from his alma mater.[36]

Kesimpulan akhir dari harus ku sykuri atau gigit jari adalah saya pastikan nama saya tidak ada penambahan dalam penulisan sehari-hari kecuali dalam CV atau Resume karena memang tujuanya berbeda.

Ku syukuri karena telah melewati satu tahap awal dalam hidup untuk meraih jenjang pendidikan yang lebih dari rencana awal saya semasa di sekolah menengah kejuruan pariwisata.

Gigit jari karena tradisi dikampung ku masyarakat sering kali menyebut nama lengkap dengan gelar, dan hal ini membuat saya kurang nyaman, entah apa sebabnya saya belum paham!

4 thoughts on “Harus Ku Syukuri atau Gigit Jari ?

  1. Linus juga banyak gelar honoris causa loh, belum lagi penghargaan-penghargaan akademis lainnya. Ya semoga ilmunya bisa diabdikan untuk mensejahterakan keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa.

    • Iyah kk, terima kasih komentarnya. Saya belajar dari cara mereka menghargai pendidikan mereka dan yang terpenting adalah implementasi dari pendidikan tersebut bukan justru malah membanggakan gelar yang kita dapatkan.

Leave a Reply

