Kunjungan Release 1.0 Beta


[GAMBAS]

Berawal dari sebuah kprihatinan kemudian berwujud menjadi sebuah program yang super sangat sederhana. Buku tamu perpustakaan, ya,,,itulah program super sangat sederhana yang saya buat. Kenapa saya bilang super sangat sederhana ? karena hanya membutuhkan 2 table, yaitu table anggota dan table kunjungan, dimana table mahasiswa dibutuhkan untuk mengambil nim, nama dan data lengkap dari mahasiswa dan anggota perpustakaan, dan table kunjungan berfungsi untuk menampung anggota perpustakaan yang berkunjung sehingga memudahkan kita untuk melihat siapa saja yang mendatangi perpustakaan dan siapa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan.
Program buku tamu yang ada sebelumnya dibuat menggunakan Delphi. Namun entah kenapa programnya rusak dan tidak pernah diperbaiki, yang berujung buku tamu dikembalikan dalam bentuk manual berupa buku fisik dan setiap mahasiswa yang berkunjung harus mengisi NIM, nama, dan tanda tangan dan tidak lupa jam kedatangan dia.. Tujuan pembuatan program ini untuk mempermudah anggota yang berkunjung dan hanya perlu menginputkan NIM saja, kemudian field field yang lain akan terisi secara otomatis. Program ini dibuat bukan dengan tujuan untuk diperjual belikan, bahkan nama pembuat program tidak saya cantumkan dalam program. Harapan programer yang lain hatinya tersentuh untuk mengembangkan program yang saya buat ini, karena saya melihat ada puluhan programer handal dikampus ini, namun belum ada hatinya tersentuh untuk membuat program sederhana ini, jadi saya mulai dari diri saya sendiri, walau masih tergolong sangat-sangat newbe dalam hal pengcodingan. Namun semoga bermanfaat walau sangat sederhana, Filenya bisa di download.

[dot]DEB. Debian/ubuntu Download

Tar.GZ Download

Tangkapan Layar:
Input data mahasiswatutorial gambas

Kunjungan
Buku tamu dengan gambas

Laporan:
reporting gambas

Reporting digambas saya tulis dengan bahasa HTML, dan ini sedang uji coba, jadi laporan resminya belum saya coding sampai tulisan ini dimuat, karena sedang sibuk ngerjain projek lain😀

Note: Bagi yang mencoba untuk menginstallnya tp tidak dapat menjalankan program silhkan tanya saya

38 thoughts on “Kunjungan Release 1.0 Beta

  1. Karena udah saya download, tapi program tidak bisa berjalan,.

    Kalo ada, saya ingin contoh programnya dan source kodenya kang..
    Untuk pengembangan Linux di kota saya (Jambi)..

    • Iyah mohon maaf tidak bisa berjalan karena databasenya saya buat static, jadi harus sama dengan database yg ada dg desain saya. Sedangkan databasenya lupa saya sertakan di program diatas. Baik saya kirimkan contoh source yang sudah ada, untuk program perpustakaan menggunakan gambas, namun saya kirimi mentahnya saja, nanti kembangkan sendiri. Silahkan check Email…

  2. yaha gambas says:

    saya mau nanya di gambas bisa gak laporan dari hasilnya bentuknya print,,
    jadi misalkan tombol laporannya diclik maka laporanya langsung diprint , kira” scriptnya apa ya mas ..

  3. yaha gambas says:

    mas saya saat ini sedang membuat aplikasi inventory barang dengan gambas ..
    saya bingung bagaimana cara membuat tampilan aplikasi saya menarik dilihat orang lain ,, ada cara gak di gambas untuk memperindah tampilan aplikasinya

  4. yaha gambas says:

    mas saya mau nanya di program yang mas buat ada form transaksi ,,
    nah itu fungsinya apa soalnya sya liat database yang dimunculkan hanya barang yang dipinjam tapi si peminjam tidak dimunculkan ,,
    apa ada cara gimana memunculkan barang yang dipinjam dan peminjam secara bersamaan ..

  5. hafizh says:

    mau tanya mas..untuk form kunjungan nya itu… gmn maksudnya mas… saya udah nyoba ngisi datanya setelah di jalankan. tp untuk nama g terisi dan nim nya itu bentrok sama nim tabelnya mahasiswa

    • Nim itu sipatnya unik, jadi satu dengan yang lain nya tidak boleh sama. Form kunjungan itu untuk buku tamu pengunjung perpustkaan. Nama di form kunjungan memang tidak perlu di isi, tapi akan di isi secara otomatis setelah menginputkan NIM, tapi syaratnya datanya sudah harus di masukkan pada form anggota

  6. Mohammad Aminudin says:

    Kang… saya sangat ingin sekali belajar dan menguasai gambas… bisa tolong bantu kang… kalo ada sy juga minta sourcenya kang sperti agan2 yang minta diatas. posisi akang dimana ?
    akang menguasai gambas ya ?
    saya mau buat Aplikasi untuk Skripsi kang.
    email saya : ameen@linuxmail.org

  7. Arrive says:

    Mas, buat konekin ke databasenya koq masih suka error ya. Muncul kyk gini trus mas /var/run/mysqld/mysqld.sock(2). Padahal udah bikin direktori jg.

    Mohon pencerahannya segera mas…

Leave a Reply

