How To Make Ebook For Ipad


Ebook For Ipad

Ebook adalah sebuah terobosan yang sangat bagus untuk para Pembaca yangs udah mulai beralih dari manual ke dunia digital. Yang kita bahas kali ini adalah bagaiamana cara membuat Ebook untuk Ipad, karena ketika Penullis mencoba mencari Ebook diluar dari store.apple.com sangatlah minim bahkan hamper tidak ada, entah ini karena Ipad barang baru, atau memang tidak banyak yang tahu cara membuat nya, atau memang mereka malas untuk membuat, lebih senang sebagai penikmat hasil yang sudah jadi saja.

Alasan pertama saya untuk mencoba membuat Ebook untuk Ipad adalah, karena kebutuhan dan hobi saya membaca, yang sekarang sudah mulai kecanduan dengan tampilan Ebook pada Ipad dengan aplikasi Ibooks, yang memberikan kita kenyamanan saat membaca mulai dari pengaturan bentuk tulisan(font) atau modus sepia (kertas lama) yang warnanya sedikit krem, tak ubahnya kertas yang sudah lama, atau bisa dengan modus non sepia, dengan warna kertas putih polos yang terang
Alasan kedua adalah untuk menyebarkan buku-buku yang lisensinya GPL, atau copy left bukan copy right yang tidak membolehkan kita untk mengcopy buku tersebut, padahal semua orang berhak untuk pintar dan berhak untuk belajar, saya rasa orang-orang seperti itu sangat egois sekali. Well semua orang punya prinsip, jadi biarkan saja yang begitu yach begitu, dan yang begini yach begini,,,,
Calibre adalah alat untuk membuat Ebook di ipad, dengan extensi output .EPUB. Untuk membuat ebook dengan extensi .EPUB ini bisa dari file dengan extensi .PDF. Sebenarnya kita bisa memasukan file PDF dalam Ibooks si Ipad, namun fasilitasnya terbatas, kita tidak bisa merubah font, modus baca dan blah blah, oleh karena itu Penullis menyarankan untuk menggunakan extensi .EPUB dengan alat yang cukup yahut, bisa Pembaca download di sini
Setelah Pembaca download maka silahkan install Calibrenya, dan ikuti saja petunjuk nya disana, biasanya kalau untuk versi Windows tinggal klik NEXT, sampai selesai.

Penullis anggap Pembaca sudah selesai Install Calibre, dan sekarang silahkan Pembaca buka Calibrenya
Lihat gambar 1 adalah tampilan awal dari caliber, kecuiali gambar buku disebelah kanan Pembaca adalah bekas file ebook yang saya buat sebagai bahan uji coba.
Selanjutnya silah kan klik AddBooks untuk memasukan file Pdf yang akan kita ubah menjadi ebook dengan extensi .EPUB, setelah itu silahkan click Convert untuk mengubahnya, dan Pembaca akan menemukan tampilan seperti gambar 2 dibawah ini.


Pembaca akan diberikan untuk mengubah identitas buku, seperti judul, penerbit, bahkan Authornya Pembaca bisa rubah, termasuk juga bisa merubah cover buku, coba perhatikan bagian-bagian yang Penullis tantai dengan arah panah, adalah beberapa hal yang penting sekali dalam membuat ebook, silahkan Pembaca ganti sesuai dengan kebutuhan Pembaca.

Setelah semuanya selesai, silahkan click Oke untuk mengexekusi perubahan, dan buku sudah siap untuk dimasukkan ke Ipad, dan tentunya melalui itune, file anda sudah bisa dibuka langsung dari tampilan calibre anda akan dapat path dari file anda, lihat gambar 3 dibawah ini.


Sampai jumpa di tutorial selanjutnya…………………….

2 thoughts on “How To Make Ebook For Ipad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s