Banggkah Kita Berbahasa Indonesia???


Banggkah Kita Berbahasa Indonesia???

Melihat pengguna komputer yang sudah lama berkecimpung di dunia komputer, sepertinya mereka tidak asing dengan istilah-istilah teknologi [perangkat komputer] seperti mouse,keyboard,download,online DLL. Sebenarnya bahasa-bahasa yang saya sebutkan diatas adalah bahasa inggris, kemudian ketika ada komputer yang berbahasa indonesia! istilah-istilah tersebut di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia, banyak pengguna yang tidak mengerti dengan kata papan ketik Dsb. Awalnya saya berpikir ini adalah pengaruh dari kebiasaanya meraka memakai istilah bahasa inggris, namun yang sangat mengherankan adalah ketika bertemu dengan user awam, mereka malah tidak mengerti dengan istilah UNDUH, padahal UNDUH adalah kosakata dalam bahasa Indonesia. Menarik kesimpulan dari pengetahuan si pengguna awam tersebut, kalau masyarakat kita tertinggal dengan kosa kata baru, atau dengan bahasa lainya kita kurang kreatif dalam menciptakan kosa kata baru[Opini Saya] sehingga pengguna awam pada umumnya lebih sering mendengar istilah DOWNLOAD,ONLINE dari pengguna mahir, yang mereka jadikan patokan dalam hal penyebutan. Seharusnya kita bangga memiliki bahasa Indonesia, dan mari kita memakai bahasa Indonesia juga dalam hal istilah-istilah ini [saya juga sedang belajar]. berikut sy kutip perkataan pakar yg di muat detiki.net dari  Prof Dr Esther Kuntjara Indonesia sangat tertinggal dalam kosa kata baru dalam istilah teknologi informasi sehingga orang mengambil bahasa aslinya, seperti komputer, online, download, upload, dan website, serta sebagainya. “Memang sudah diupayakan download diterjemahkan dengan unduh atau website dengan laman, tapi hal itu kalah cepat sehingga hal itu tidak laku,”

Sebenarnya sudah ada yang menjawab keresahan diatas, yaitu Sistem Operasi berbasis Linux yang di kembangkan oleh para Pendekar dari seluruh Indonesia, mereka menyumbang untuk Rakyat ini agar bangga menjadi bagian dari Indonesia, dan bangga berbahasa Indonesia. BlankOn linux adalah OS kebanggaan Rakyat Indonesia, dan mari kita budayakan masyarakat kita untuk memakai barang yang Kode Sumber Terbuka dan merdeka

5 thoughts on “Banggkah Kita Berbahasa Indonesia???

  1. Sayangnya Anda sendiri kurang memerhatikan kaidah saat menulis,Saudaraku. Kata “dikembangkan” tidak sepatutnya dipisah di- nya sehingga menjadi “di kembangkan” yang ada pada paragraf kedua tulisan ini.

    • Pak saya bilang diatas,,”[saya juga sedang belajar]” jadi ini merupakan bukti kecintaan saya. Saya orang Indonesia sudah sebesar ini masih belum bisa sepenuhnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar karena lebih sering menggunakan istilah luar, oleh karena itu tulisan ini di buat, guna memotivasi dirisendiri dan orang lain. Terima kasih atas keritik saudara @Ademalsasa yang di atas

  2. bahkan judul posting ini kurang satu “a”.Jangan marah, Saudaraku. Sudah sepatutnya kita semua saling mengingatkan dalam hal kebaikan. Ayo berbahasa Indonesia dengan baik dan benar!

  3. semeton… brembe kabar… eh iya tu yang si perespon pertama…
    respon semeton ihsan juga ada tatabahasa yang salah saat mengatakan:
    “Pak saya bilang diatas,,”[saya juga sedang belajar]” jadi ini merupakan bukti kecintaan saya. Saya orang Indonesia sudah sebesar ini masih belum bisa sepenuhnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar karena lebih sering menggunakan istilah luar, oleh karena itu tulisan ini di buat, guna memotivasi dirisendiri dan orang lain. Terima kasih atas keritik saudara @Ademalsasa yang di atas”

    yang salah : diatas (seharusnya : di atas, di bawah, di Jawa. etc.)
    kemudian : di buat (seharusnya : dibuat, dimakan, ditulis. etc.)
    kemudian : dirisendiri (seharusnya: diri-sendiri)
    kemudian : keritik (seharusnya : kritik)..

    hehe.. aku bejorak saudara saujiro…

    • saya salah juga itu kayaknya…
      diri sendiri (bukan diri-sendiri)
      semeton Ihsan (bukan semeton ihsan)
      si Perespon (bukan si perespon)

      kebiasaan nulis pake huruf kecil di internet karena katanya penggunaan huruf besar kurang sopan.
      (ini nulisnya pake bahasa percakapan lo)

Leave a Reply

