Efek Menggunakan Linux


Efek Menggunakan Linux

Virus adalah sebuah mahluk kecil yang sebagian besar di benci oleh mahluk hidup di dunia ini,termasuk manusia pastinya😀.Virus bukan hanya pada mahluk hidup saja adanya,di dunia teknologi pun di kenal sebutan Virus.Bagi pengguna komputer khususnya yang menggunakan System Operasi Microsoft Windows,tentunya tidak asing lagi dengan kata Virus,bahkan tidak asing dalam melihat ulah yang di sebabkan oleh Virus.Pada umumnya masyarakat Indonesia sebagian besar memakai System Operasi Windows,kalau boleh suuzon *OS nya Bajakan*,karena memang jika berniat ingin membeli barang yang banyak di bajak ini,harganya sangatlah mahal,belum lagi untuk membeli aplikasi yang akan kita tancap di dalam OS Windows,harganya kira-kira bisa sampai menggadaikan kuburan Mbah! saking mahal nya.

Ketika suatu hari saya sedang bertandang kerumah sahabat lama,dengan maksud silaturrahmi.Orang tua dari sahabatku ini bertanya kepada sosok yang sangat sederhana ini.
Bapak : at gimana kuliah nya ?
Saya : Alhamdulillah lancar pak !
Bapak : baguslah kalau begitu,belajar yang rajin biar cepat lulus
Saya : Insya Allah saya rajin pak kalau masalah belajar :d
Bapak : Oh ya At,saya sering dapat masalah nih di laptop saya banyak virus !!!
Saya : wah bahaya itu pak😀
Bapak :kamu tau tidak,anti virus yang paling bagus ? soal nya semua document saya tidak bisa di buka!
Saya :”geleng-geleng kepala,kebingungan”
Bapak :tunggu sebentar saya ambilkan laptop nya biar kamu liat sendiri !!!
Saya :iya pak! mari saya liat dulu “si bapak bergegas mengambil laptop nya”
Bapak : ini at laptop bapak ! kamu liat sendiri saja ulah Virus nya

Saya :”seanalisa saya semua extensi DOC di ganti menjadi .EXE”

wah ini udah kena semua file bapak
Bapak : makanya apa anti virus yang paling bagus ???
Saya :”geleng-geleng kepala lagi, sambil saya jawab saja dengan ngasal” Avira pak

Bapak : saya sudah pakai Avira tapi tidak bisa sembuh itu datanya

Saya : “tidak berani memberikan jawaban lagi,takut di skak kalau ngasal” wah saya bingung pak jawab nya
Bapak :loch kok bingung! apa gunanya kamu kuliah jurusan komputer

Saya : “demn…..nyinggung masalah kuliah pula si bapak” saya pakai Linux pak,jadi saya tidak tau Virus !!!
Bapak : katanya Linux itu susah,jadi bapak tidak mau pakai! memang nya linux tidak bisa kena virus ?
Saya : bisa sih pak,tapi selama ini saya tidak pernah kena virus tuh pak !!!
Bapak : ya sudahlah kalau kamu tidak tau Anti Virus nya

Saya : iya maap pak,tapi Insya Allah besok saya datang lagi bawa laptop biar saya tunjukkan Linux nya
Bapak :Iya saya tunggu at

Dari percakapan saya dengan si bapak,dapat saya tarik kesimpulan,Bahwa ternyata udah hampir 1,5 tahun saya tidak tau update virus terbaru,dan tidak tau nama virus terbaru yang menggerogoti pengguna komputer di Indonesia.Ini salah satu efek saya menggunakan Linux yang berkepanjangan,hingga tidak pernah update informasi tentang virus dan anti virus,seolah-olah cuek dengan anti virus dan virus.Satu kesimpulan yang tidak pernah lepas dari pandangan masyarakat tentang orang yang kuliah di jurusan Informatika bahwa : mahasiswa Informatika harus tau semuanya tentang komputer,entah itu hardware,software termasuk tentang virus tadi.Padahal jika di lihat dengan bidang di Informatika sangatlah banyak,dengan contoh Sistem Informasi,yang lebih banyak mempelajari tentang ilmu manajemen,atau pengelolaan manajemen sebuah perusahaan,lalu dimana hubungan nya dengan virus,tapi itulah Indonesia😀

Merdekaaaaaa…….

12 thoughts on “Efek Menggunakan Linux

  1. mubon says:

    sependapat gan..
    sebagai orang komputer terkadang ditanyain masalah yang susah dijawab dan kalau gak di bisa dijawab dikirain gak kuliah bener-bener
    nasib… nasib..

    • @mubon
      Ntuh kk,masyarakat Indonesia dan khusus nya orang kampung seperti sayah ini selalu di tanyain banyak hal pokok nya menyangkut komputer kalau lagi balik ke kampung halaman,padahal saya kuliah jurusan Sistem Informasi.Suatu kebingungan jika di tanya tentang Virus terbaru,dan anti virus terbaik,karena udah 1,5 tahun indak pernah update informasi tentang itu,kecuali kalau di tanya kapan release nya ubuntu 10.04 baru si sayah nya hapal😛

  2. se7 bro, cuma aq bisa maklumi bapak diatas kan awam dengan dunia pendidikan komputer, dikiranya org yg kuliah ilkom itu ibarat superman bisa menguasai smua bidang, kita kan punya minat n’ fukus di salah satu bidang (manajemen, engineer(network, software engineer, dsb), dsb) coz prosesor kita juga terbatas kemampuannya he 99x😀

    • @5ecret4dmirer
      iyach kk,sebenar nya bapak yang bertanya di tulisan saya di atas,adalah Magister Kesehatan Lingkungan.Seharus nya orang sekelas itu mengerti akan bidang masing,masing,kalau saya contohkan mungkin jika kita bertanya ke dia tentang Metode Operasi bedah plastik secara detail,saya rasa beliau akan bingung! tapi kembali lagi ke konteks banyak masyarakat yang belum paham tentang ILKOM

  3. Maulana says:

    Gini Bro bilang nya :
    Komputer itu mirip mobil. Orang yang bisa benerin mesin kan belum tentu bisa benerin body. Orang bisa benerin body kan belum tentu bisa benerin AC mobil. Nah orang yang bisa benerin AC mobil juga belum tentu jago bongkar pasang kaki-kakinya.
    Begitu juga dengan orang yang belajar komputer….
    Yang jago database belum tentu jago programming. Yang jago programming belum tentu jago oprek OS. Yang jago oprek Windows belum tentu jago oprek Linux. Makanya yang jago Linux gak perlu jago Windows… Gitu… Hehehe

Leave a Reply

