Uni Eropa Rahasiakan Laporan Ekspansi Israel di Yerusalem Timur


expansi israel
Laporan tahunan Uni Eropa menyatakan bahwa aneksasi Israel terhadap wilayah Yerusalem, ilegal. Laporan yang dibuat oleh kepala misi Uni Eropa di Yerusalem menyebutkan bahwa Israel secara aktif menerapkan kebijakan yang berbelit-belit termasuk memperluas pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur dengan cara menghancurkan rumah-rumah milik warga Palestina.

“Pembangunan pemukiman Yahudi di Yerusalem Timur pada tahun 2009 menandai berlanjutnya ekspansi yang dilakukan Israel di wilayah itu dan berlanjutnya perintah penyitaan serta penghancuran rumah-rumah milik warga Palestina,” demikian laporan yang sebenarnya bersifat rahasia tapi berhasil dibocorkan oleh surat kabar Israel, Haaretz.

Uni Eropa dalam laporannya menegaskan bahwa tindakan Israel itu menjadi penghambat proses perdamaian dengan Palestina serta ide untuk mewujudkan solusi dua negara. “Israel, dengan berbagai cara, aktif melakukan aneksasi terhadap wilayah Yerusalem, meski tindakan itu melanggar hukum. Aneksasi dilakukan dengan membuat lemah komunitas Palestina di kota tersebut, menghambat pembangunan warga urban Palestina dan berusaha memisahkan Yerusalem dari kota-kota lainnya di Tepi Barat,” demikian laporan Uni Eropa.

Israel merampas Yerusalem Timur sejak memenangkan Perang Arab pada tahun 1967. Israel berambisi untuk menjadikan Yerusalem Timur yang merupakan wilayah Arab Palestina, sebagai ibukota negara Zionis Yahudi.

Dalam laporan sepanjang 14 halaman bertanggal 23 November itu juga menyebutkan bahwa kebijakan Israel di Yerusalem Timur merupakan “bagian integral dari strategi Israel yang lebih luas.” Dan kebijakan-kebijakan itu mendapat dukungan dari kelompok-kelompok Yahudi sayap kiri.

Pertanyaannya, mengapa Uni Eropa merahasiakan laporannya dan mendiamkan aneksasi yang dilakukan Israel di Yerusalem Timur, jika Uni Eropa tahu bahwa tindakan Israel itu ilegal. (ln/iol/AFP)

eramuslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s