Kisah Pembantaian Terhadap Muslim Rwanda di Filmkan


penindasan muslim di rwandaSebuah film yang berkisah tentang komunitas Muslim Rwanda yang mengalami genosida oleh suku Tutsi pada tahun 1994, saat ini sedang dibuat di Rwanda.

Film yang berjudul “Kinyarwanda” yang disutradarai oleh Ismail Ntihabose dan Alrick Brown memulai penyutingannya sejak 14 November yang lalu dan direncanakan selesai sekitar bulan Desember. Film ini diharapkan untuk tampil di layar lebar pada tahun 2010.

Pada saat peristiwa genosida di Rwanda tahun 1994 yang lalu, Mufti Kigali, pimpinan Muslim paling dihormati di negeri itu, mengeluarkan fatwa yang melarang umat Islam untuk ikut berpartisipasi dalam pembunuhan suku Tutsi.

Sebagai negara yang menjadi ladang pembantaian, masjid menjadi tempat perlindungan bagi komunitas Muslim dan Kristen, suku Hutu dan Tutsi datang bersama-sama dan saling melindungi satu sama lain, kata Radio Nederland Wereldomroep.

Produser eksekutif film ini – Ntihabose menyatakan bahwa cerita di film didasarkan pada kisah nyata dari korban yang mengungsi ke Masjid Agung Kigali dan madrasah di Nyanza.

Menggambungkan enam cerita yang berbeda keseluruhan isi film membentuk satu narasi besar yang menggambarkan kondisi yang paling kompleks dan memberikan gambaran perjuangan manusia untuk survive selama peristiwa genosida berlangsung.

Produser film AS – Darren Dean mengatakan bahwa dirinya melihat potensi yang besar dalam film ini, karena film “Kinyarwanda” berdasarkan pada kisah nyata peristiwa genosida di Rwanda dan film ini juga membawa unsur persatuan dan rekonsiliasi di antara komunitas Muslim dan di antara masyarakat Rwanda sendiri.

Film “Kinyarwanda” dibiayai oleh Komisi Instrumen Eropa untuk Demokrasi dan Hak Asasi Manusia dan diproduksi oleh Asosiasi Muslim Rwanda (Amur) dan dibintangi oleh bintang Hollywood Cassie Freeman (Spike Lee’s “Inside Man”) yang berperan sebagai Lt Rose Kabuye. 36 siswa sekolah film lokal dan 14 produser film internasional juga merupakan bagian dari kru film ini.(fq/wb)

Sumber era muslim

24 thoughts on “Kisah Pembantaian Terhadap Muslim Rwanda di Filmkan

  1. Seseorang says:

    Kebetulan aku pagi ini googling dengan kata “pembantaian kristen rwanda” loh kok juga ada ketemu pembantaian muslim di rwanda,
    Stauku genocida di rwanda tu kristen vs kristen , ini kenapa ada tulisan islam dibantai di rwanda, ini yang salah itu penulisnya apa memang otak kita orang sbgai muslim memang bangga kalau kita dibantai dibunuh ditindas hix hix hix, sehingga kejadian pembantaian yg bukan terjadi kepada umat islampun ditulis bahwa islam yg dibantai, hix hix hix

    • @Mrmink2
      pak yang disana itu adalah berita,dan bukan gosip belaka,dan permasalahanya adalah bukan bangga melihat saudara muslim di bantai atau tidak,tapi apakah anda punya rasa kasihan dan prihatin atas peristiwa yang menimpa saudara muslim yang lain nya,karena sangat banyak negara islam yang di bantai,mungkin anda bisa berdalih negara itu adalah negara teroris.Maka dengan nada lirih saya ucapkan:Buka mata dan buka telinga anda untuk saudara muslim anda yang ada di palestina,irak,afgan,pakistan,turkistan timur dan masih banyak lagi negara lain nya

  2. Mrmink2 says:

    Iya pak saya setuju, tapi yg kejadian di rwanda itu bukan islam yg dibantai pak, genocida di sana itu adalah konflik antara suku hutu dan suku tutsi yg kedua suku tersebut adalah bragama katolik, tolong dikoreksi artikel di atas pak malu2in…hahahahaha

    • @mrmink2
      yang memalukan justru bapak, karena tidak bisa membaca dengan seksama,,,,”Pada saat peristiwa genosida di Rwanda tahun 1994 yang lalu, Mufti Kigali, pimpinan Muslim paling dihormati di negeri itu, mengeluarkan fatwa yang melarang umat Islam untuk ikut berpartisipasi dalam pembunuhan suku Tutsi.

      Sebagai negara yang menjadi ladang pembantaian, masjid menjadi tempat perlindungan bagi komunitas Muslim dan Kristen, suku Hutu dan Tutsi datang bersama-sama dan saling melindungi satu sama lain, kata Radio Nederland Wereldomroep.”
      dan sepertinya bapak tidak bisa membaca juga sumber berita yang tercantum diatas, atau bapak tidak mengerti dengan tulisan warna biru tersebut, itu adalah alamt link dari sumber yang bisa bapak klik lalu akan menuju kesumber utama,,,,!nah kemudian di komentar bapak sebelum nya menulis “Stauku genocida di rwanda tu kristen vs kristen” coba lihat itu kata-kata setauku, itu artinya bapak tidak punya sumber yang valid, dibanding sebuah berita atau perusahaan media, yang tidak mungkin menulis asal-asalan tanpa sumber yang jelas, sementara sumber bapak darimana? apakah dari perasaan bapak saja ?? ha ha ha ha

  3. mrmink2 says:
  4. mrmink2 says:

    http://suaramedia.com/berita-dunia/dunia-islam/13411-dikhianati-agamanya-korban-genosida-rwanda-berbondong-masuk-islam.html

    “Sebuah film mengenai kisah komunitas Muslim Rwanda dalam peristiwa genosida tahun 1994 terhadap etnis Tutsi saat ini sedang dalam proses syuting di Rwanda”

    http://www.eramuslim.com/berita/dunia/kisah-pembantaian-terhadap-muslim-rwanda-di-filmkan.htm

    “Sebuah film yang berkisah tentang komunitas Muslim Rwanda yang mengalami genosida oleh suku Tutsi pada tahun 1994, saat ini sedang dibuat di Rwanda”

    Jadi eramuslim.com dan anda melakukan fitnah terhadap suku tutsi yang justru adalah sebagai korban genocida, malah kalian tuduh sebagai pembantai umat islam.

    • Dan sebaiknya adan confirm ke eramuslim.com pak,, dan anda salah alamat kalau claim berita kesaya, karena pemegang lisenci berita bukan di saya melainkan di eramuslim.com

  5. Mrmink2 says:

    Anda sudah tau kalau artikel dari eramuslim.com di atas salah, tapi anda tetap menyebarkan sesuatu yg sudah jelas salah
    Ya sudahlah ,saya hanya sekedar mengingatkan/memberitahu anda trims.

    • Dan anda tahu sumber berita itu darimana, justru anda harus mengingatkan sumber berita pak, dan bapak perlu bertanya kenapa judul nya begitu, saya pribadi belum dapat belasan atas pertanyaan seperti yang bapak ajukan ke eramuslim.com …. BTW thanks sudah mengkabarkan kebenaran berita, tapi sebaiknya bapak harus tau dimana harus mengclaim berita itu.
      ini link disclaimer http://www.eramuslim.com/info/disclaimer.htm agar bapak bisa menyampaikan aspirasi bapak….karena saya juga tidak segampang membalikkan telapak tangan atas pendapat orang, so kudu cari kebenaran nya, dan yang bapak jadikan rujukan juga tidak lebih besar dari eramuslim.com

  6. Mrmink2 says:

    Apa link-link selain suaramedia.com yang saya tunjukkan di atas kurang besar menurut anda?
    Kalau begitu, coba anda tunjukkan kepada saya link selain eramuslim.com yg memberitakan bahwa:
    korban genocida pada tahun 1994 adalah umat islam yang dibantai oleh suku tutsi
    Mohon tunjukkan kepada saya

  7. “Kalau begitu, coba anda tunjukkan kepada saya link selain eramuslim.com yg memberitakan bahwa:
    korban genocida pada tahun 1994 adalah umat islam yang dibantai oleh suku tutsi”
    pak anda tahu tidak artinya informasi, atau pengertian informasi ? sebelum anda bertanya kesaya tentang hal yang saya kutip dari pertanyaan anda diatas !!!

    • bukan menurut saya pak, tapi emang pengertian informasi dari sononya dan kesepakatan para ilmuan khusus masalah sistem informasi atau informasi, dan bukan berarti karena saya jurusan sistem informasi lohc.. ” iadalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input – proses – output ” jadi nilai keberanan dari sebuha informasi bukan dari banyaknya orang yang menulis tentang informasi itu, seperti yang bapak lakukan dan bapak sarankan kesaya untuk mendatangkan alamat lain yang menulis hal yang sama tentang judul diatas, itu sama sekali salah pak, dan tidak bisa dibuat jadi acuan. Jika kebenaran berita diatas tidak jelas, maka jelas eramuslim.com tidak menyampaikan informasi karena informasi tidak valid,,,, dan oleh karena itu saya sarankan kebapak untuk CLAIM ke eramuslim.com sabagai HULU dari berita diatas,,, jadi bapak tidak terkesan nyampah disini, atau ngecap yang tak berguna,,,, dimana-mana itu dari huku ke hilir pak,,, bukan hilir ke hulu…

    • Loh bapak ini masih belum ngerti juga arti Informasi yach……….
      Pendukung itu tidak menjamin akurasi dari sebuah berita pak,,, saya bukan tidak bisa,, kalau anda mau tinggal buka saja copyscape.com lalu liat yang tulisan sama dengan judul itu, cuman asumsi saya! anda adalah orang yang bergelut didunia maya sudah fasih, jadi saya tidak perlu menjelaskan hal bodoh seperti itu pak,,,! coba telaah arti informasi itu dulu, baru bapak bilang “Dengan kata lain anda tidak bisa menunjukkan berita yang mendukung artikel dari eramuslim.com di atas?” walaupun ada 1000 link yang sama tentang berita itu, bakalan tetep tidak menjamin pak, dengan tilikan dari pengertian informasi itu,,,,,, intinya bapak pahami dulu yang bapak claim dan coba mengerti dari yang bapak CLAIM…..
      Coba perhatikan balesan saya kebapak “Jika kebenaran berita diatas tidak jelas, maka jelas eramuslim.com tidak menyampaikan informasi karena informasi tidak valid” saya tidak pernah ngotot kalau berita eramuslim.com itu benar atau salah,,,, nah sementara bapak sangat ngotot padahal yang bapak ajukan tidak lebih besar dari eramuslim.com,,,, apa bapak pernah dengar berita dari aljazera, BBC news melakukan manipulasi berita atas pemilu di iran,,,, ? itu warta berita kelas dunia pak, tapi tetap tidak bisa dipercaya seratus persen…..Ingat yang saya tekankan disini adalah,,, bapak itu salah kamar untuk CLAIM ke saya tentang tulisan itu,, jadi tidak jauh beda bapak nyampah disini, dan saya melayani orang nyampah juga….

  8. Mrmink2 says:

    Apa anda tidak membaca, yg saya jadikan rujukan bukan cuma BBC, tapi juga situs2 islam selain eramuslim.com
    Di satu sisi anda mengatakan situs besar tidak menjamin kebenaran berita, tapi di satu sisi juga anda bilang, “dan yang bapak jadikan rujukan juga tidak lebih besar dari eramuslim.com”. anda tidak konsisten

    • jangan baca setengah pak, saya tempelkan balasan saya “saya tidak pernah ngotot kalau berita eramuslim.com itu benar atau salah,,,, nah sementara bapak sangat ngotot padahal yang bapak ajukan tidak lebih besar dari eramuslim.com”
      jadi baca dari awal domz….
      ini saya tempel balasan bapak “anda tidak konsisten” nah disini saya tidak konsisten menurut bapak,, saya tidak konsisten atas jawaban saya ,,, tapi bapak sangat tidak konsisten lagi, karena bapak tidak mengerti arti dari sebuah informasi, dan sekali lagi “BAPAK SALAH KAMAR CLAIM BERITA DISINI” kenapa saya bilang salah kamar, karena tulisan diatas saya sebut sumber nya, bahkan di balasan saya tuliskan spesial buat bapak halaman disclaimer,,,, apa bapak g bisa baca atau males baca atau apa ?… bahkan di pertengahan komentar saya ucapkan terimakasih ” BTW thanks sudah mengkabarkan kebenaran berita, tapi sebaiknya bapak harus tau dimana harus mengclaim berita itu.” apa itu masih kurang jelas ????

  9. Mrmink2 says:

    Benar-benar aneh tidak meyakini kebenaran beritanya kok ikut menyebarkan,
    makanya sebelum copy paste tu alangkah baiknya anda cek dan ricek, telusuri penyebab kejadian dll jadi tidak merugikan yg diberitakan..
    Oh sungguh malang kamu suku tutsi, sudah menjadi korban genocida, dengan air mata darah, kalian berusaha bertahan dengan segala penderitaanmu yang sangat memilukan, di sini kamu malah diberitakan membantai umat islam , ku mohon maafkan perbuatan saudara2ku di sini karena ke tidak tahuan mereka”
    Wassalam

  10. Mrmink2 says:

    Benar-benar aneh tidak meyakini kebenaran beritanya tapi kok ikut menyebarkan,
    makanya sebelum copy paste tu alangkah baiknya anda cek dan ricek, telusuri penyebab kejadian dll jadi tidak merugikan yg diberitakan..
    Oh sungguh malang kamu suku tutsi, sudah menjadi korban genocida, dengan air mata darah, kalian berusaha bertahan dengan segala penderitaanmu yang sangat memilukan, di sini kamu malah diberitakan membantai umat islam , ku mohon maafkan perbuatan saudara2ku di sini karena ke tidak tahuan mereka”
    Wassalam

    • Dan anda benar-benar bodoh telah diberitahukan untuk claim isi berita ke sumber tapi tetap claim berita ke hilir,,,,,! masalah kebenaran berita, saya tidak punya wartawan yang ngeliput kesana, jadi saya percayakan wartawan eramuslim.com untuk meliput dan hasilnnya ditaro disini,,,,dan apakah anda pernah ke rwanda untuk menyaksikan nya hingga meyakini kejadian nya 100% ??? wkakakakakakaka sekali-lagi anda nihil disini,, karena hanya duduk diam manis di depan laptop kemudian membaca banyak link di internet lantas anda meyakininya seratus persen…..itu gaya basbang kang,,,,,

      Oh sunggug malang orang yang mengclaim berita ini, karena kebodohan nya hingga dia lupa akan hulu dari sumbernya……..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s