Mr. Presiden, Hentikanlah Perang!


7 dan 11 November telah lewat. Itulah batas keputusan presiden AS, Barack Obama, jadi atau tidaknya ia mengirimkan lagi pasukan AS ke Afghanistan. Sampai saat ini, tidak ada pemberitaan resmi.

Yang jelas, sebagian besar rakyat Amerika mendesak Obama untuk tidak melanjutkan perang ini. Sebaliknya mereka sangat mengharapkan bahwa Obama akan mengumumkan gencatan senjata dan diikuti dengan penarikan semua pasukan AS secara konsisten dan segera.

Warga AS juga mempertanyakan kebijakan menggunakan pesawat siluman Predator untuk membunuh warga sipil Pakistan di wilayah negara mereka sendiri, karena mereka sadar, bertentangan dengan semua konsep-konsep hukum internasional dan juga hati nurani. Lebih lanjut, warga AS meminta negaranya untuk menghentikan semua rahasia CIA dan Pentagon operasi di Afghanistan, Pakistan, dan Iran.

Matius Holt, mantan pejabat Departemen Luar Negeri dan juga Kelautan AS mengatakan bahwa tentara AS dan NATO di Afghanistan telah dipandang sebagai penyerbu dan penjajah, dan penolakan mereka tidak ada hubungannya dengan terorisme internasional.

Perang di Afghanistan—sama dengan di Vietnam—telah dianggap sebagai perang yang gagal. Sementara sekarang rakyat AS yang menganggur sebanyak 15 juta orang dan lebih memerlukan tindakan yang lebih kongkret dari pemerintah AS. Tidak heran jika mereka kemudian merasa tidak lagi memiliki kepercayaan terhadap Jenderal Stanley McChrystal yang selama ini menjadi penasihat Obama di medan perang Afghanistan.

angkuhnya obamaJohn F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson memiliki sedikit sejarah yang buruk dalam mengakhiri perang Vietnam, mereka lumpuh oleh perang entah memperebutkan apa itu. Dan jika itu terjadi pada Obama, maka dipastikan semua pendukungnya akan segera berpaling. Ketika Obama pertama kali tampil, semua rakyat AS bertepuk tangan karena era Bush dan Cheney berakhir.

Seorang warga AS, Cynthia McKinney, menulis, “Jika Anda memilih untuk melanjutkan (perang), kami akan menentang kebijakan itu dengan semua energi yang kami miliki. Kami akan bertindak untuk memobilisasi kemungkinan terbesar demonstrasi anti-perang di Washington DC dan kota-kota lain sebelum akhir tahun 2009, dan terus setelahnya.

Kami akan mendukung calon anti-perang dari pihak manapun dalam pemilu 2010. Jika Anda masih melancarkan perang Afghan tahun 2011, kami akan serius mempertimbangkan dukungan yang secara eksplisit anti-perang kandidat utama untuk menantang Anda selama pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.”

Jadi Mr. Presiden, saatnya untuk menghentikan perang? (sa/ib/ich)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s