Hamas Sudah Serahkan Shalit ke Mesir?


Dimana keberadaan Gilat Shalit sekarang? Tak ada informasi yang jelas apakah prajurit Israel yang sejak tahun 2006 ditawan pejuang Hamas itu masih ada di tangan Hamas atau sudah dipindahkan ke tempat lain. Sejalan dengan negosiasi pembebasan Shalit antara Israel-Hamas, prajurit Zionis Israel itu kabarnya sudah berada di Mesir.

Laporan surat kabar Kuwait Al-Jareeda menyebutkan bahwa pembebasan Shalit dengan cara pertukaran tahanan dengan tahanan Palestina tinggal menghitung hari saja karena Shalit saat ini sudah berada di Mesir dengan pengawalan kepala Brigade Al-Qassam, sayap militer Hamas dan aparat keamanan senior Mesir.

hamasMenurut surat kabar itu, Shalit sudah dipindahkan ke Mesir sejak beberapa hari yang lalu dan tinggal di suatu tempat yang dirahasiakan. Pemindahan Shalit ke Mesir, ditemani oleh pejabat senior Hamas, Mahmoud Zahar dengan menempu rute yang tidak biasa menuju menuju perbatasan Rafah, dimana tim dari Mesir sudah menunggu.

Sumber-sumber keamanan di Mesir mengatakan, penyerahan Shalit oleh Hamas ke pihak Mesir menunjukkan keseriusan Hamas soal negosiasi pertukaran tahanan dengan Israel sebagai syarat pembebasan Shalit dan pihak Israel selayaknya menunjukkan keseriusan yang sama.

Namun sumber-sumber di Israel mengatakan, kalaupun tercapai kesepakatan dengan Hamas dalam beberapa ini, Israel masih harus mendapatkan persetujuan kabinet dan akan memilih siapa saja tahanan Palestina yang bisa dibebaskan. Yang jelas, Israel tetap menolak membebaskan sejumlah tahanan yang terdapat dalam daftar yang disodorkan Hamas karena menilai tahanan yang bersangkutan membahayakan keamanan Israel jika dibebaskan. (ln/IMEMC)

eramuslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s