Obama Menjadi ‘Presiden Perang


Sutradara AS Michael Moore menulis surat terbuka yang ditujukan pada Presiden Barack Obama. Dalam suratnya, Moore mengkritik Obama yang memutuskan mengirim pasukan puluhan ribu tambahan sebagai strategi barunya di Afghanistan.

Moore mengatakan, Obama akan menjadi “presiden perang” yang baru jika mengirimkan pasukan tambahan ke Afghanistan.

“Dengan hanya satu pidato, Anda akan membuat banyak orang-orang muda yang menjadi tulang punggung dalam kampanye Anda, kecewa dan bersikap sinis,” tulis Moore dalam surat terbukanya untuk Obama, yang ditulis di situs pribadinya.

mooreMoore mengatakan bahwa tugas Obama bukan untuk melakukan apa yang diperintahkan oleh para jenderalnya, karena AS bukan negara militer.

“Kita adalah pemerintahan yang dijalankan oleh orang sipil,” tukas Moore yang memang dikenal vokal mengkritik kebijakan perang pemerintahan negaranya.

Sutradara kondang itu juga menepis soal eksistensi Al-Qaida di Afghanistan. Menurutnya jumlah anggota Al-Qaida di Afghanistan tidak lebih dari 100 orang. “Ide mengerahkan 100.000 pasukan untuk memberangus anggota Al-Qaida yang jumlahnya cuma ratusan di gua-gua tempat mereka tinggal, mengindikasikan bahwa Obama sudah seperti Bush,” tegas Moore.

Nama Michael Moore makin mencuat di tengah publik AS setelah ia membuat film dokumenter “Fahrenheit 9/11”. Lewat film itu Moore berhasil menggalang opini publik untuk melawan kebijakan-kebijakan Presiden Bush, terutama kebijakan perang Bush di Irak. (ln/ikhweb)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s