Interaksi Manusia dan Komputer


Sistem Informasi

Interaksi Manusia dan Komputer

Komputer sebagai alat bantu yang dipakai manusia untuk melakukan pekerjaan sehari-hari saat ini sudah sangat merata penggunaannya.Tidak diragukan lagi bahwa komputer memiliki kecanggihan yang luar biasa, akan tetapi terdapat dampak negatif yang ditimbulkannya bagi penggunanya diantaranya adalah keluhan- keluhan yang menyangkut kesehatan badan. Sebenarnya tanpa disadari saat kita menggunakan komputer kita sedang melakukan dialog dimana kita memberikan perintah untuk kemudian komputer memberikan hasilnya.Disinilah muncul ilmu disiplin komputer yang disebut dengan ’Interaksi Manusia dan Komputer’.Aspek penting yang dipelajari dalam disiplin ilmu ini adalah aspek manusia, aspek komputer, dan aspek lingkungan kerja atau lebih dikenal dgn aspek ergonimik.
Prinsip kerja pada sebuah sistem komputer adalah masukan, proses, keluaran (input, output, proses).Kita dapat memasukkan deretan angka atau karakter untuk kemudian diproses oleh komputer yang menghasilkan keluaran yang diinginkan pengguna. Agar pengguna dapat merasakan keramahan sistem komputer diperlukan suatu media yang memungkinkan interaksi tersebut berlangsung. Ada 2 macam penerapan yang dapat diterapkan supaya interaksi tersebut terjadi yaitu dengan menerapkan statemen readln sebagai masukan dan statemen writeln sebagai keluaran, sedangkan penerapan yang kedua adalah dengan berbasiskan grafis yang dikenal dengan istilah GUI(Grapichal User Interface). Salah satu alasan yang menjadikan GUI banyak diminati pengguna adalah karena tampilannya yang menarik.
Bidang-bidang ilmu yang secara tidak langsung berhubungan dengan interaksi manusia dan komputer adalah:
Antropologi (pandangan yang mendalam tentang bagaimana cara bekerja dalam kelompok, dimana setiap masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing)
Psikologi (aspek psokologis pengguna juga harus diperhatikan oleh perancang sistem untuk dapat memahami bagaimana pengguna menggunakan sifat-sifat dan kebiasaannya)
Linguistik
Perancangan grafis dan tipografi
Ergonomik
Sosiologi
Salah satu kriteria yang harus dimiliki oleh sebuah perangkat lunak untuk mendapat predikat ramah dengan pengguna adalah bahwa perangkat lunak itu mempunyai antarmuka yang bagus, mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan pengguna selalu merasa senang untuk menggunakan perangkat lunak tersebut. Kesulitan yang timbul dalam pengembangan perangkat lunak adalah bahwa antarmuka tersebut harus menangani beberapa piranti kontrol seperti papan ketik dan mouse yang masing-masing dapat mengirimkan aliran data yang tak sinkron.
Penggunaan piranti bantu untuk mengembangkan antarmuka mempunyai keuntungan antara lain:
1.Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik.
2.Program antarmukanya menjadi mudah untuk ditulis dan dipelihara.
Program aplikasi terdit dari 2 bagian penting yaitu:
Bagian pertama adalah bagian antarmuka yang berfungsi sebagai sarana dan dialog bagi manusia dan komputer.
Bagian yang kedua adlah bagian aplikasi yang merupakan bagian yang berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna.
Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan bagian antarmuka :
Pengetahuan tentang mekanisme fungsin manusia sebagai pengguna komputer.
Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik seperti dialog yang cukup lebar, ragam dialog, struktur, isi tekstual dan grafis, tanggapan waktu dan kecepatan tampilan.
Pengetahuan umum sering menjadi salah satu petunjuk penting dalam pengembangan antarmuka.
Penggunaan prototype yang berdasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
Tehnik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan, yaitu secara analitis berdasarkan pada analisis atas transaksi dialog, secara empirik, menggunakan uji coba pada sejumlah kasus.

4 thoughts on “Interaksi Manusia dan Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s