Robot akan Tuntut Hak Seksual


San Diego – Perkembangan teknologi robot amat pesat. Para pakar sudah mulai punya berbagai visi tentang bagaimana suatu saat robot akan jadi teman manusia sehari-hari, bahkan jadi pasangan hidup.

Dengan kian canggihnya robot, Anna Russel, seorang pemerhati robot dari University of San Diego, Amerika Serikat, memperingatkan bahwa mereka juga akan meminta bermacam hak layaknya manusia.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (18/11/2009), yang jadi perhatian Anna adalah soal pembuatan peraturan hukum terkait relasi antara manusia dengan robot, termasuk relasi seksual.

“Meski humanoid adalah langkah tenologi raksasa, namun jika robot yang sadar diri sendiri, berintelejensi super serta bisa berpikir diciptakan, sistem hukum akan dipaksa untuk membedakan ciptaan ini dengan manusia,” tulisnya dalam artikel “Blurring the love lines” di jurnal Computer Law and Security Review.

Russel menilai sudah saatnya aparat hukum saat ini memikirkan apa yang akan jadi hak-hak para robot. Sebab di masa depan, para robot mungkin akan ribut soal kebebasan seksual mereka. Mereka mungkin tak ingin diperlakukan semena-mena oleh manusia.

“Ketika teknologi terus berkembang, tak dapat dihindari bahwa isu-isu legal akan mengemuka dan batas percintaan akan jadi kabur. Meski demikian, memang masih belum jelas bagaimana aktivitas seksual ini akan diregulasi,” tulisnya.

Para ahli memang memperkirakan, suatu saat manusia akan berhubungan intim dengan robot. Bahkan ada ramalan yang lebih gila di mana suatu saat, robot bakal dimanfaatkan sebagai pekerja seks komersial.

Robot sexsual
*Berita ini dari http://www.detik.com*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s