Slackware And ReactOS


Slackware And ReactOS
Terperangkap dalam situasi yang sangat memojokkan dimana besok nya saya akan ujian Java yang menggunakan windows,yang di karenakan jakarta tomcat yang saya punya tidak berjalan di linux waktu itu,waktu juga tidak memungkinkan untuk ngoprek malam itu,hingga saya benar-benar putus asa,Huuuuh windows xp yang saya punya tidak pernah di pakai,hanya sebagai pelengkap saja di SakaBato(laptop.Red)dan begitu saya ingin memakainya ternyata dan ternyata kondisinya sangat buruk,dimana banyak aplikasi yang tidak bisa di buka,mungkin karena virus atau apa saya tidak begitu memperhatikan,yang paling menjengkelkan waktu itu adalah tidak bisa nya klik kanan,tidak bisa copy data.Begitu mau  copy data,niscaya akan hang windows ini…….
Regedit saya check dan rombak ulang regedit nya dengan hasil backup pertama kali install,namun itu tidak memberi solusi,dan mencoba masuk ke msconfig untuk melihat apa saja yang jalan,dan mencoba untuk mendisable semuanya,ternyata tidak memberi solusi juga,googling ,dan mendapat beberapa artikel untuk menyelesaikan masalah ini,Huuuuh tidak memberi solusi juga,terpaksa saya harus install ulang xp bajakan ini,,,,,,,meminjam cd xp di teman nya dari teman ku,saat itu diberi pinjam XP service pack2.Booting CD berjalan normal dan begitu masuk tahap pembacaan HDD,ternyata hardisk ku tidak di deteksi,hingga saya pun bingung,sambil menyalahkan cd XP nya,tidak puas dengan cd pinjaman tadi.Saya pun menelpon temen yang koleksi Xp banyak,,,,,dia pun datang membawakan cd XP1,XP2…Blassssst ternyata hasil nya juga nihil,HDD ku tidak terbaca,,,,,makin bingung juga,,,,padahal di BlankOn HDD ini terbaca kok! Kok di windows indak terbaca yach!**prolog**OS linux yang ada dalam HDD ku waktu itu juga dalam keadaan tidak beres,yang di karenakan saya memakai untuk experimen beberapa tutorial yang saya dapat dari temen pemakai linux juga di Rusia.😀
Huuh.Semua cd pun saya bongkar malam itu untuk mencari cd linux untuk saya install dan ternyata semua cd BlankOn(meuligoe),Ubuntu(hardy,jaunty),Dreamlinux,Fedora,Debian(Leny),Omniaxp sedang di pinjem salah satu temen yang sedang mencoba untuk menjajaki linux,berniat untuk menelpon teman yang pinjam untuk mengantarkan,tapi malam sudah larut……
Yang ada di kamar ku waktu itu hanya lah cd Slackware yang berjumlah 6 CD,ReactOs.
Begitu melirik cd slackware,saya pun teringat masa dulu ketika belajar linux dan ingin memakai slackware yang nota bene kata orang orang susah,hingga saya pun mengurungkan niat untuk memakai nya,karena waktu itu juga orang yang memperkenalkan linux kepada saya pertama kali.katanya *Slackware itu susah,saya tidak pernah berhasil menginstall nya*karena perkataan orang ini saya pun enggan untuk mencoba karena merasa ilmu tidak lah cukup dan merasa orang yang memperkenalkan saya pada linux itu lebih jago dan saya pun langsung membandingkan diri “dia saja yang pintar tidak bisa,apalagi saya yang OON baru tau linux” yang pada akhirnya seseorang dengan nick BLACK_CLAW menginap di kos ku di Mataram Lombok,kesempatan itu tidak saya sia siakan untuk minta di ajar cara instalasi Slackware!
Pembelajaran pun di mulai,dari masukan cd 1 yang sesekali tangan Gemuk nya BlACK_CLAW melayang ke kepala saya! Saya ingat betul waktu itu saya tidak tau user root dan passwd root nya,yang padahal sudah ada di bagian atas penjelasan nya,namun karena sudah tertanam sugesti bahwa:”Slackware susah di install” itu membuat saya grogi dan sedikit manja dalam belajar.Dan sudah jelas BLACK_CLAW rada jengkel dan sikap saya yang sangat-sangat banyak tanya waktu itu,hal ini juga yang menyebabkan tangan nya melayang berkali kali ke kepala ku bagian atas.Namun hal itu tidak saya buat masalah walaupun bekas tangan yang gemuk itu lumayan SAKIT,karena dalam hati sedang berkobar semangat untuk belajar,hingga bekas tangan itupun saya lupakan dalam sekejap.
Sejak saat itu di PC ku tertancap Slackware dan saya pun tidak bernai untuk mengganggu gugat pc itu,karena takut slcakware itu hilang,n saya susah untuk bisa instalasi nya, ho ho ho ho.Sejak saat itu saya tidak pernah install Slackware lagi karena sugesti susah itu masih tertanam di kepala ku,dan Ingatan atas Tangan gede yang melayang di kepalaku saya ingat terus,dan menyebabkan saya agak kurang berani install Slackware😀
Akhirnya saya install Slackware lagi
Huh…..karena malam itu tidak ada OS yang beres di laptop ku,besok nya saya harus ujian JAVA,dan tidak ada os untuk baca artikel yang tertanam di HDD akhirnya saya memutuskan untuk install Slackware,yang sebelum nya saya berusaha untuk install Xp yang kata temen-temen kudu install driver sata.FUCK windows kudu install sata dulu baru install Xp nya atau dengan cara remastering windows nya dulu dan tancap sata dalam windows itu baru di install……
Slackware saya install dari cd satu dengan sangat hati-hati karena teringat masa lalu,sambil baca setiap petunjunjuk yang keluar saat instalasi.Saya pun tertawa terbahak-bahak melihat semua petunjuk yang keluar sembari bicara sendiri “oooch ini yang di maksud dulu ‘READ THE FUCKING MANUAL’ OLEH SI BLACK_CLAW”baru sadar kalau saya sangat bego,dan wajar si BLEK jengkel ketika ngajarin install dulu,karena memang semua nya udah di jelaskan panjang lebar di saat instalasi itu,namun memang butuh kejelian untuk membaca nya😀
Sejak saat itu saya mengambil kesimpulan bahwa: “Linux itu susah bagi orang yang belum mencoba,sedangkan linux itu gampang bagi orang yang sudah mencoba”
Setelah install Slackware saya pun penasaran dengan perkataan teman tentang ReacOS yang katanya OS baru Mirip windows yang dimana bisa jalanin .EXE
Semalam install 2 OS
ReactOS pun saya install dan pertama lokasi partisi tidak mau di Write saat install namun saya tidak patah semangat untuk mencoba nya dan akhirnya berhasil.Suweeeeeeeeeeer ini memang windows,karena dari pertama kali install sampe mwnu yang ada di dalam nya pun sama persis dengan windows.


Penjelasan di web nya Reactos ketika mendownload nya,saya dapet peringatan bahwa OS ini masih tahap beta,tidak di rekomendasikan untuk di gunakan sehari hari😀
Tapi apa salah nya hanya ingin mencoba.Saluuut buat developer ReactOS,persaingan di tingkat systemOperasi pun makin ramai,dan saya berharap perusahaan yang memonopoli dan kita kudu bayar lisensinya yang mahal itu bisa sadar bahwa mereka bukanlah satu satunya OS yang bisa di pakai😀

5 thoughts on “Slackware And ReactOS

  1. jadi pengin nyoba reactos nih! dulu sekali saya pernah putus asa sama slackware… trus ganti debian… juga putus asa karena paketan deb deb deb… seterusnya nyaman pakai mandriva… e.e.e.e sekarang malah seneng ubuntu, cucunya debian… hehehe
    *tapi ingat! kelas saya cuma pengguna lho!

    • saatulihsan says:

      /me sama om😀 saya juga cuman pengguna biasa saja! karena memang ilmu belum mantep ke arah yang lebih jauh😛

  2. wah.. jadi pingin ikutan nyoba..
    saia pengguna baru linux, masih nyari2 distro yang paling cocok untuk kebutuhan sehari-hari..
    kira-kira apa yang paling enak ya mas?

    • saatulihsan says:

      Kalau untuk di gunakan sehari hari sech,saya sarankan untuk memakai Blankon yang bisa di donlot http://balnkonlinux.or.id
      karena sudah bisa denger musik,dvd setelah intall tanpa harus menginstall aplikasi lagi,n hardware sudah banyak yang di dukung

  3. hmm…
    pengin nyoba nih ReactOS.. [itung-itung ngenalin ma pengguna awam]
    *walaupun saya juga pengguna awam…😀

    nice info gan…..
    thanks

    oiya, mampir dunk😀

Leave a Reply

