DIRIKU ADALAH DIRIKU

Sebelum saya bercerita tentang diri saya, ada baiknya saya memperkenalkan secara singkat pulau yang bernama lombok, dimana di pulau yang dalam bahasa indonesia berarti cabai, namun tidak begitu arti sebenarnya yang menurut bahasa lombok

LOMBOK berasal dari bahasa suku sasak yang artinya LURUS atau dengan kata lain lombo’ . Kalau boleh menyanjung diri sendiri: Orang Lombok pada jujur semua, karena di lihat dari asal kata pulau nya *NARSIS MODE ON*
Lombok
merupakan wilayah NTB (Nusa Tenggara Barat) yang notabene merupakan wilayah bagian timur indonesia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa wilayah timur Indonesia mempunyai suhu sedikit panas di bandingkan dengan wilayah barat Indonesia. Maka jangan heran orang lombok sebagian besar berkulit gelap, yang di sebut hitam oleh rakyat Indonesia dan coklat menurut orang western sana,
Ups……! tapi biar kate hitam, urang lombok tetep cuakep n manis manis loch….Seperti kata pantun “hitam hitam kereta api, biar hitam banyak yang antri” dan filosopi yang paling kuat untuk kaum yang berkulit gelap adalah KOPI, biar kopi warna nya hitam dan pahit tetap juga di minum. Jadi biar kate urang lombok berkulit gelap/hitam tetep saja di temani/senangi urang urang :D
Lombok merupakan pulau yang sangat kecil yang mata pencaharian bagi sebagian besar penduduk nya adalah petani dan nelayan.
Kenapa petani???????????????? tanya kenapa??????????
Okech….. karena Lombok adalah daerah yang agak belakang di temui oleh para manusia penjelajah jaman dahuli kala dan oleh karena pada jaman pemerintahan orde baru, Lombok tidak begitu banyak tersentuh oleh pembangunan, yang akhirnya lahan-lahan/areal kosong masih banyak yang belum jadi bangunan dan lahan ini di manpaatkan untuk bercocok tanam oleh sang empu dari tanah/lahan tersebut, walaupun hanya bergantung pada air pemberian tuhan yang di bawa melaui angin kemudian terjadi panas hingga mencairkan awan lembab yang turun menjadi hujan.
Keadaan ini sudah terjadi sejak fir’aun masih nete’ sampai jaman SBY di gendong ibunya. Urang lombok masih berharap pada air hujan saja, walaupun akhir akhir ini sudah tersentuh dengan irigasi, namun hanya sedikit saja lahan yan terangkul di jejaring kawasan irigasi ini. Maka janganlah heran jika pada tahun 2004 banyak terjadi busung lapar di daerah lombok yang berpenduduk 1,7 juta jiwa ini yang di karenakan sulitnya mendapat sembako.

Simbol Dari lombok Adalah BUMI GORA

Bumi Gora adalah simbol kebanggaan warga Lombok dengan gambar lumbung padi, yang sampai detik ini masih di banggakan warga Lombok dan sekitar nya. Ibu/bapak tercinta pasti penasaran,,,,,,,,apa sih arti BUMI GORA??????????????
bumi=gumi yang Indonesianya adalah bumi
gora=tanam padi di lahan kering atau gaga rancah

jadi arti lengkap nya adalah BUMI GAGA RANCAH yang warga lombok menyebutnya Gogo Rancah
simbol yang sangat tepat, mengingat masih banyak nya petani lombok yang tidak tersentuh irigasi dan dengan terpaksa menanam padi di lahan kering yang nota bene menurut warga jawa itu di sebut lahan tandus nan gersang, namun menurut kami warga lombok itu adalah tanah surga tempat kami menggantungkan isi perut untuk sesuap nasi, dan tidak kami perdulikan apa kata orang di luar sana, karena memang beginilah hidup di lombok yang sangat sulit,  dengan segala keterbelakangan, baik dari segi teknologi, pertanian, pendidikan dan masih banyak hal lainya lagi.
Woooow Lombok memang kampungan dan pastinya ibu/bapak tercinta tidak ingin tinggal di lombok, karena niscaya ibu/bapak tidak akan betah tinggal di pulau yang sebagian besar gersang dan panas itu*cuaca di malang masih bagus*
Okech lanjut ke bumi gora,
Gunung Lombok yang Gundul
banyak gunung yang mengitari pulau yang nan kecil dan pedas pula! ini sudah gundul
Ups….!!!bukan gundul karena pohon-pohon nya di tebang warga sekitar yach!
akan tetapi pepohonan nya mati karena kepanasan, jika masih bertanya kenapa kepanasan. Coba baca lagi tulisan yang di atas………..
yach namun biar kata itu gunung gundul, panas, tetap tidak mematahkan semangat kami warga bumi gora untuk memanpaatkan lahan yang tidak layak untuk di tanami tumbuhan!. Dengan kerja keras, warga bumi gora memanpaatkan lahan kosong itu untuk menanam padi demi kelangsungan kebutuhan perut semata, karena untuk kebutuhan yang lebih. saya kira tidak akan bisa :D
maklum menanam padi nya di gunung bukan di sawah yang ber air. Nah jika anda bertanya bagaimana cara menanam nya ??? mari kita simak pariwara berikut ini………… he he he he…
yach seperti yang saya jelaskan di atas tadi bahwa hanya berharap dari air hujan yang di turunkan allah SWT.
ketika musim hujan datang, maka tanah yang keras itu akan di cangkul, dan bisa anda bayangkan tanah gunung di cangkul…… keras nya minta ampun dan jangan bandingkan dengan tanah gunung yang ada di jagat jawa ini. Setelah tanah di cangkul maka akan di tanami padi yang model penanaman nya sama dengan model tanam kacang tanah! yang dimana tanah nya di lubangi dulu dengan kayu kemudian di lubang itu akan di isi dengan bibit padi kemudian di tutup kembali dengan tanah pula!. Tanpa pupuk moderen, tanpa pestisida pengusir hama tanaman padi dibiarkan pasrah begitu saja hanya sesekali saja di berikan pupuk kompos.
Setelah enam bulan kemudian padi sudah siap di panen! entah padi yang di panen bagus atau tidak pokoke panen”enten padi ne opo bonten urusane muri” *belajar bhsa jawa*
(don try this at java, karena jika mencoba ini di tanah jawa maka anda akan di anggap gila)

Agama

Agama mayoritas di Lombok adalah Muslim dan sisanya adalah agama-agama yang sah menurut undang undang Indonesia dan ada pula yang tidak sah secara harfiah, namun secara maknawiah agama itu sah.

TENTANG HAMBA YANG MENGABDI PADA SANG ILAHI

lahir pada tahun 1986 bulan aggustus tanggal 7 /25 yang konon kata urang tua ku itu adalah hari ahad jam 5 pagi, Tapi dari pernyataan urang tua ku, sudah salah, karena pada tgl itu tidak ada hari ahad dan ini yang menyebabkan saya tidak tahu dan urang tua ku pun kadang menjawab A kadang B jikalau di tanya tanggal berapa saya lahir. Nah oleh karena itu saya mengatakan tgl lahir saya 7 /25 karena sesekali urang tua ku saya tanya
“pak!!! saya lahir tanggal berapa? ” bapak ku pun menjawab “tanggal 27 nak”
dan beberapa hari kemudian saya tanyakan lagi!!! “pak !!! saya lahir tanggal berapa???” bapak pun menjawab “tanggal 7 nak hari ahad!”
berhbung jaman saya lahir, para urang tua tidak mengurus akta kelahiran langsung, jadi saya tidak ada akta kelahiran sampai sekarang, dan tanggal lahir saya pun tidak jelas!begitu pun jika tanya sama ibu! niscaya ibu ku akan bingung….toeng toeng toeng……
yach mau bagaiman lagi, nasib emang udah seperti ini…..
dan berhubung saya suka dengan angka 7 dan delapan! maka saya mengambil tanggal 7 untuk tanggal lahir di ijazah saya dan tahun lahir pun di ganti menjadi tahun 1988.RED
sunggug enak kan jadi diri saya! bisa milih angka bagus/hoki untuk di tampilin di ijazah, walaupun terkadang beberapa teman saya ingin merayakan ulang tahun atau sekedar memberi kado ulang tahun! mereka kebingungan mau ngucapin tanggal berapa! hue hue hue hue……………..
jangan kan teman! saya saja bingung. Nah tapi berhubung saya bukan tipe urang yang merayakan ulang tahun, jadi masalah itu tidak terlalu di pikirkan, karena menurut saya: perayaan ulang tahun dengan tradisi meniup lilin itu adalah tidak benar secara pribadi ku, yang berpedoman tehadap jaman nabi dahulu. Setahu ku nabi Muhammad tidak merayakan ulang tahun dengan cara meniup lilin kemudian di iringi sorak para karib sahabat sambil bernyanyi “selamat ulang tahun seta muria,selamat ulang tahun serta mulia……tiup lilin nya tiup lilin nya” dan bla bla bla saya tidak hapal…………….
nah dari dasar itulah saya tidak pernah merayakan ulang tahun dengan nota bene tiup lilin, akan tetapi lebih extrim dari sekedar tiup lilin sich sering. Dulu pada jaman masih kerja di Diskotik Sahara lombok NTB…..
Ups! udah keluar dari rel nech cerita ku.
Lahir di rumah nenek yang berlokasi di pedesaan, di tangan seorang dukun beranak yang nota bene orang jaman sekarang gengsi untuk di tangani dukun beranak!. Padahal hasil dari seorang dukun tidak kalah dengan suster-suster memakai baju sexy, yang ada di rumah sakit yang lebih mengutamakan penampilan dari pada kinerja atau hasil kerja mereka :D(alasan wong deso hue hue hue….)
Tepat nya saya lahir di dusun Repok, mukim Tiwu Buak, kelurahan Jontlak, Kecamatan Praya tanpa di lihat seorang ayah ketika lahir, karena bapak ku waktu itu sedang pergi bekerja. Tapi walaupun tidak ada bapak ku yang melihat saya nangis pertama kali ketika membuka mata di dunia ini, saya adalah seorang anak yang cukup di nantikan oleh semua keluarga. Entah dari kakek/nenek, ayah,p aman, ibu dan semua keluarga ini, karena masa-masa itu adalah kejayaan usaha urang tua ku yang sedang memuncak pada saat itu.
Hingga di hari ke7 kelahiran saya di gelar upacra “Pera’ Api”yang artinya adalah padamkan api, yang dimana di perayaan ini adalah hari dimana si bayi di beri nama. Jatuhlah sebuah nama ke bayi yang imut waktu itu dengan nama Saatul Ihsan. Yang artinya “waktu yang baik”mudahan saya slalu dapat waktu yang baik :D
bayi yang sangat di elu elukan di masa itu!menginjak usia 1 bulan saya di pindahkan untuk kembali ke rumah orang tua ku (bukan rumah nenek) yang karena sejak lahir di rumah nenek akhirnya pindah ke rumah sendiri(baca=rumah ORTU) yang berada di Kota praya jalan TGH.haji agus salim NO 30 praya, dan yang di samping rumah ku adalah pondok pesantren terbesar di kota praya yaitu: Manhalul Ulum, asuhan TGH.Ahmad Faesal, seorang sosok tuan guru yang sangat di segani hingga santri nya pun membanjiri pondok pesantren nya,murid nya berasal dari semua penjuru NTB.Entah dari lombok,bima,sumbawa,dompu.

46 responses »

  1. Himawans says:

    makasi banyak semeton telah berkunjung,,,salm kenal,,,
    maju terus,,,,semuga makin berkembang aja webnya,,,

  2. petot says:

    good… Good…
    mule heben smeton saq sekeq ne….
    salam temen Ulimited semua…..
    tyus brkreasi sojiro…

  3. saatulihsan says:

    wkekeke! salam balik kk @petot
    mari bagi ilmu hasil experimen dari unlimited julu maeh !

  4. Black_Claw says:

    Wrong at Irigasi, Wrong at gogorancah. Belajar ulang sejarah.

  5. saatulihsan says:

    kk @black_claw saya sudah belajar sejarah….dan saya juga sudah gogling sebelum saya menulis yang namanya gogorancah dan irigasi.
    Dan yang saya tulis di atas adalah fakta yang terjadi di daerah lombok,yang tepat nya Lombok Tengah…mungkin kk blek belum pernah ke Lombok Tengah,jika sudah pernah,maka silahkan berkunjung ke daerah selatan sedikit dan lihat apa yang terjadi n tanyakan arti gogorancah sama irigasi sama penduduk selatan….n jika ingin melihat kondisisi gogorancah silahkan berkunjung ke selong blanak…
    lombok tengah tidak cukup di lihat dari internet sekelas google earth dan bla bla bla…..
    karena fakta di lapangan dengan apa yg ada di internet tidak selalu benar.
    ini kamus nya silahkanb liat http://bahtera.org/kateglo/?mod=dictionary&action=view&phrase=gaga%20rancah
    “benih padi jenis gaga rancah”
    di lombok bukan di sebut jenis padinya yang gogo rancah,melainkan lahan nya yang kering makanya di sebut gogo rancah! dan nama padi itu yang di tanam jenis nya adalah padi gunung A.K.A Pare RAU
    dan ini kamus irigasi http://bahtera.org/kateglo/?mod=dictionary&action=view&phrase=irigasi
    memang air yang disana ituh sudah tersistem,tapi sistem nya di atur tuhan,,,dan di kamus bukan di maksud di atur oleh tuhan kk… http://id.wikipedia.org/wiki/Irigasi

  6. bajank toak says:

    wah hebat oakn. q aluuut araq baturq ere aju. amun arak sak olah alik irim ae anang niak.
    laguk acian idapk itak poto bueq igi eto.
    h…ha….

    marak papukq

  7. saatul ihsan says:

    wedew! ya. saek aranm qanti,,mbek tao gedengm endah iku…..
    Insya Allah tetepk ja nulis niya,lagu mangkin ja nyekek repot gati niki kampus gede bajank toak….n gigiq sampun tesambung ,jarin mangkin ja gagahk :P

  8. Adi Saputra says:

    Slm Kenal y!
    Q dari Bali…
    Banyak keluarga q tinggal di Lombok.. utamanya di Mataram,, ada juga di Lombok Tengah, tepatnya di Mantang.
    Banyak kesamaan dari Bali dan Lombok.. Sehingga bisa dikatakan bersaudara, yg membendakan hanya kepercyaan..
    Q pengen bgt sbnernya k Lombok, cuma belum ada waktu aja kesana,
    oh y, yg membuat Q penasaran bgt.. Ternyata melamar jadi CPNS di Lombok peluangnya lebih besar daripada di Bali.. Buktinya temen Q waktu ini melamar di Kodya Mataram.. ternyata dy lulus tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun, waah hebat bgt.. Di bandingkan dengan Bali, q ja pernah ngelamar jd CPNS 4x.. Hasilnya GATOT alias Gagal Total,
    Lombok tunggu q y!
    I’m Comiiiiiing!

  9. saatulihsan says:

    dear @Adi Saputra
    salam kenal juga saudara,Yach lombok sama bali memang tidak jauh berbeda dari segi budaya,yang di karenakan jaman dahulu,lombok di jajah oleh Bali,dan sebagian wilayah lombok di kuasai oleh bali,jika di ungkit masa lalu itu namanya barat juring sama timur juring,dimana barat juring di kuasai oleh Bali,dan timur juring di kuasai lombok,,,,,N mantang memang sangat banyak saudara2 kita yg masih keturunan nya dari Bali.Kalau masalah CPNS saya tidak tahu pasti,karena saya tidak tertarik untuk PNS,jadi silahkan saja saudara mencoba nya,,,
    Silahkan saya tunggu saudara di lombok,rumah saya persis depan RSUD praya yg baru,,,silahkan mampir,jadi kalau saudara mau ke mantang ,kudu lewat rumah ku dulu,,,,,,,,,,karena satu jalur :D

  10. Adi Saputra says:

    Yups.. thnks sebelumnya..
    Ntar klw q jadi ke Mantang, q pasti singgah di tempat km..
    Satu lagi yang bikin pengen bgt ke Lombok..
    Jajanan d Lombok tu enak2 yach, terutama dodol nangkanya.. Klw keluarga q pulang ke Bali, oleh2nya pasti jajanan Lombok yg enyak..enyak.. G lupa Kangkung Lombok n Krupuk kulit kebonya..
    Oh y, q juga suka bgt ma produk Clothing Lombok.. Yaitu Lombok Hardcore, di tmpt q, Karangasem.. udah kyk jdi tredsetter tuch..
    Skali lagi thanks ya atas sambutannya, q juga punya obsesi nich..
    Pengen bgt bisa bahasa Sasak, soalnya kalo keluarga q dari Lombok pulang, jika mreka ngomong masalah yang agak menyinggung q, pasti mereka ngomong pake Bhasa Sasak.. Q jdi bingung khan, he,he,he..

  11. saatulihsan says:

    mwakakakakakkakakakakaka…..iyach silahkan di tunggu kesinggahan nya :D
    jajanan nya mah biasa aje,,,,oh yach kaso hardcore ntuh,si sayah juga suka kaos bali produk nya baliwae tp kaos LINUX,:D.Bahasa sasak g terlalu susah menurut saya :P,ada banyak yang mirip dengan bahasa bali,
    tiang antini diki :D

  12. Adi Saputra says:

    Maaf nich..
    Nunas ampura ping banget..
    Q mw nanya nich, waktu ni temen2 Q jalan2 ke Lombok, tujuan utamanya sich pengen silaturami sama keluarganya di Mataram.. Sampe disana mereka mendapat suatu pantangan2 yang tidak pernah mereka alami di Bali, yaitu mereka dilarang keluar rumah sendiri-sendiri ( kalo mw keluar harus berrombongan ), trus harus mengunci stang motor kalo mau ditinggal, yang bikin mereka tambah heran mereka dilarang memarkir atau menaruh motor di halaman rumah, dan harus dimasukkan ke dalam kamar..
    Wow.. banyak bangetz pantangannya ya!
    Tujuan dari pantangan itu adalah untuk mengantisipasi agar tidak jadi korban tindak kriminal perampokan dan pencurian..
    Wadouuh.. Berarti Lombok emang ga aman donk! Maaf ya jangan tersinggung.. Karena ini memang fakta yang diceritakan langsung oleh teman2 Q.. Sangat berbeda dgn di Bali, kami tidak perlu merasa was2 jika harus keluar malam sendirian, kami juga tidak perlu mengunci stang, apalagi sampai menggembok motor kami!! Kami juga terbiasa memarkir motor di halaman rumah, sekali lagi kami di Bali tidak sombong, apalagi bermaksud menjelek-jelekkan keadaan di Lombok, karena ini memang Fakta.. dan Realita,
    mohon penjelasan!

  13. Adi Saputra says:

    Nambah dikit nich..
    Yg ingin Q tanyakan…
    Sebegitu parahkah tingkat keamanan Lombok?
    Apa kira-kira yang mengakibatkan hal tersebut sampai terjdi.
    Seperti yang pernah Q baca di sebuah majalah nasional, perampokan bahkan terjadi pada karyawan Emaar Properties, yg notabene merupakan investor yg akan memajukan pariwisata Lombok..
    Padahal keamanan adalah hal yg super mutlak dibutuhkan untuk mengembangkan pariwisata..
    Mohon penjelasan.
    Thanks.

    • saatulihsan says:

      Iyach dengan senang hati akan saya jawab :D !!!
      Yang melakukan perampokan memang orang lombok sendiri,Kalau boleh menuduh,perampokan terjadi sebagian besar di daerah selatan,yang notabene daerah pariwisata nya,dan oknum yang melakukan perampokan tidak mengenal yang namanya masa depan,karena oknum itu hanya berpikir isi perut saat itu juga,dan catatan penting nya,bukan hanya orang luar yang di rampok namun orang lokal pun tidak berani lewat kalau malam di sanan,jadi itu bukan perkara karena dia orang luar atau orang dalam,sama saja :D
      dan sekarang puji syukur kehadirat tuhan YME perampokan sudah mulai berkurang,,,! dan perlu di garis bawahi bahwa: kehidupan masyrakat yang masih Primitive,dan cenderung cauvinisme tinggi,hingga timbullah hal-hal demikian :D,
      Semoga Putra-putra daerah di generasi ini akan memperbaiki hal yang buruk dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ….
      *Terima kasih atas saran nya*
      sekarang sudah sedikit aman,jadi silahkan kunjungi LOMBOK :D

  14. saatulihsan says:

    @adi saputra
    saya tidak tersinggung sama sekali saudara !!! karena saya juga orang lombok asli jadi saya tau persis kondisi daerah saya seperti apa,apalagi daerah saya di lombok tengah yang notabene banyak Konflik :D *Jaman dulu*
    saya akan menjawab nya,,,,,memang saya sangat salut dengan masyarakat bali dengan kekompakan nya n tingkat keamanan yang lumayan tinggi jika di bandingkan dengan keamanan di lombok :D
    kalau di daerah mataram saya rasa sudah jauh lebih aman daripada di daerah lombok tengah! jadi kalau di matram bepergian malam hari biarpun sendiri tidak ada masalah ! kecuali untuk daerah daerah tertentu,namun sekarang daerah itu sudah sangat aman,jadi jangan risau,kalau masalah parkir motor,itu mah tuan rumah yang berlebihan :D tidak seprah itu saya rasa,..! kecuali kalau memang di malam hari,ketika mau tidur yach jangan taro di luar dunkz,,,masukin ke dalam garasi saja :D.kalau masalah motor bukan hanya di lombok saja,,,saya begitu baru satu bulan tinggak di malang motor saya udah di bodong malin,padahal saya taro di dalam garasi yang berpintu :D*waspadalah pesan bang napi :P *
    saya lanjutkan dengan bepergian,,kalau memang tujuan bepergian nya daerah lombok tengah,saya sarankan untuk jangan bepergian malam hari,khusus untuk perjalanan dengan tujuan ke selatan,untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan,dan jika kondisi darurat untuk bepergian ke daerah selatan,maka ambillah jalur aman lewat tengah kota praya,dengan terusan lajut,kawo sengkol :D insya allah aman :D

    DAWEK NGIRING! TI TIANG ANTOS PELUNGGUH DRIKI :D
    AMPURAYANG,LOMBOK MANGKIN SAMPUN YAHUUUUUUT :D

  15. Adi Saputra says:

    Mutur suksma.
    Oh y, Q mw nanya nich..
    Di Lombok Tengah ada objek wisata Air Terjun.. Apa sich namanya?
    Dulu mantan Q di Mantang pernah ngajakin Q k sana, klw q bener jd lancong k Lombok ( aduh… mengungkit masa lalu nich..!! ) tpi sayang bgt, kita dah putus.. Gara kita pacaran Long Distance..

    Selain itu ada ga objek wisata yang lain?,
    mohon petunjuk!!
    Ow y, cwe2 Lombok cakep2 ya..
    Jadi terpesona ma mreka..
    Ciao!!

  16. saatulihsan says:

    @Adi Saputra
    yang di lombok ntuh ada banyak adi
    Benang Stokel http://www.dispariwisata.lomboktengahkab.go.id/indonesia/Alam.html liat di sito
    objek wisata yang lain yach sangat banyak,kalau air terjun saja banyak nya ada belasan adi,kalau pantai,mungkin bisa ke kute,namun hati2 kalau ke kute,usahakan jangan sendiri:D,Mawun juga bagus ntuh,,,,,n kalau mawun sangat aman,jadi adi bisa tenang berada di mawun ..
    pidan na’ diki….?

  17. Adi Saputra says:

    Met hari raya Idul Adha…
    Enak y dapt makan2..
    Wah jadi inget nich sama mantan Q yg dari Madura.. Dy muslim.. Dy ikut pamannya yg tinggal d Karangasem..
    Kalo pas hari raya, q pasti dibawain macem2 ma dy..
    Sayang banget karena beda keyakinan, kita harus pisah,
    sekali lagi Selamat Hari Raya Idul Adha y!
    Salam perdamaian dan persaudaraan selalu dari Bali.
    Semoga pemikiran yg baik selalu datang dari segala penjuru!
    Peace!

    • saatulihsan says:

      Iyach terima kasih atas ucapan nya saudara,dan seperti doa dan harapan di atas,semoga pemikiran yg baik selalu datang dari segala penjuru! dan umat manusia bisa hidup saling berdampingan,hingga perbedaan tidak lagi menjadi jurang pemisah ketika menjalin persahabatan :D dan semoga bali dan lombok menjaga persaudaraan sebagai pulau yang mempunyai banyak persamaan :D

  18. Adi Saputra says:

    Udah lama nich ga ngasi komen..
    Soalnya masih sibuk..
    Ada upacara agama di rumah. Yach., begitulah Bali, seperti yg banyak diplesetkan orang Bali=Banyak Libur..
    Sukses selalu buat Saatul Ihsan!!

  19. Adi Saputra says:

    Nambah dikit..
    Ntar malam khan mau ada Drawing World Cup 2010 South Africa..
    Ihsan jago’in negara mana tuch??
    Kalo Q jagoin Brasil n Argentina..
    Karena 2 negara itu menganut faham ‘jogo bonito’ alias sepak bola indah,, lagian 2 negara itu juga punya pemain2 kelas wahid,
    di Brasil ada Kaka, Maicon, Lucio, n Luis Fabiano.. Trus di Portugal ada Cristiano Ronaldo, Deco, Ricardo Carvalho..
    Wah.. Matepz bangetz Brow!!
    Q tau Ihsan pasti jago’in Les Blues, Rerancis khan?
    Bisa ga minta nomer Handphone’nya Ihsan?

    • saatulihsan says:

      Thanks doa sukses nya! dan semoga sukses selalu untuk kita semua :D
      (woot) bola saya suka kedua nya,namun lebih suka sama brazil,karena saya juga suka kapuera,,,,so brazil more nice…..! but but but but dua duanya yahuuut dech,,,ntuh argentina kan kalau tidak salah skrang di pegang sama si TANGAN DEWA :D

  20. Ahmad Rifai says:

    hallo meton aku kanak lombok endah ne mbe dedare sak inges inges no maeh kenalan ite maeh ndak mesakm doang

    • saatulihsan says:

      @Ahmad Rifai
      Assalamu alaikum………..
      Hallo endah semeton,pade ntant kanak lombok,n mudahan kanak lombok sukses selapu,n nuntut ilmu ele desen dengan, ohc….lamun nine ja kebetulan ndek girang semeton,lagu lamum mele merarik ja yek peteam!!!.Uah siepm lagu’ atau nde man ?

  21. Adi Saputra says:

    Whats Up brow!!
    Ken2 kabare ne??
    Waktu ni taun baruan d Mataram, acaranya heboh bgt.,
    kebetulan ada keluarga d Pajang dan Mataram, jdi malam taun baruannya di Lombok, ga di Bali..
    Abiz di Bali boring bgt, kalo ke Kuta, banyakan Bulenya dari orang lokalnya,,
    kita kayaknya jdi makhluk asing sana!
    Mending ke Mataram..
    Nyari suasana beda!
    Salam damai dari semeton Bali bwt batur sasak di Lombok!,

    • saatulihsan says:

      @Adi
      Salam damai kembali dari bajang lombok untuk Timpalq di bali bali,bali emang banyak bule nya,tapi karena banyak bulenya kan kota bali jadi kaya :D.Lombok mah sepi amet bli……..cuman kalau tahun baruan yach ntuh macet abis di daerah senggigi sama orang lokal,kalau bule mah g dapet tempat di senggigi kalau taun baruan,coz mau jalan kaki aje g bisa sama macet nya jalan ama motor :D….saya tidak pulang pas tahun baruan kemarin,coz banyak kegiatan di malang…..Laen kali kalau lagi libur mungkn saya pulang dan mampir di Bali dech :D,kan bali masih jadi surga bagi para wisatawan asing maupun domistik indonesia :D banyak cewek cantik nya juga kan :P
      Salam sejahtera dari Bajang Lombok [Kanak Sasak]

  22. beny says:

    dendek lupak ite…..

    teruz bejuang kawan…..jemak’te ndeng ilmu’ne

  23. saatulihsan says:

    @beny
    Insya allah ben ndek yak lupak batur aq jak,,lagu ndek taon lamun side ja

  24. ademalsasa says:

    Salam kenal, Saudaraku di Lombok!

    • saatulihsan says:

      Salama kenal balik saudara @Ademalsasa, dan terima kasih telah berkunjung ke blog yang sangat sederhana ini…..semoga ini bukan kunjungan bapak yang terakhir disini

      • sarah says:

        Hallo,,salam kenal yah,,gini, aku kan mau ke lombok nih klo jdi urusan kerjaan di sekitar penjanggik,,,kira2 perumahan Ƌpɑ yg deket sama daerah cakranegara? oya,,Ƌpɑ̣̇ bener gosip tentang ada nya vampir atau drakula di kawasan praya ,,kaget juga sih pas browsing itu dapet berita nyata begitu,,mohon penjelasannya bener atau gak? Thx ўα sbelumnya,,lg butuh info bgt nihh ttg lombok,,,,

        • saatulihsan says:

          Banyak sekali perumahan didaerah sana. Gosip tentang vampir atau drakula itu cuman isapan jempol belaka. Bahkan saya yang orang asli Praya (lombok tengah) tidak pernah mendengar gosip terebut.

  25. I Putu Semadiyasa says:

    Brazil akan jadi juara dunia., untk yang ke-6 kalinya…
    Astungkara…

  26. [...] also we can mount windows partition in system of linux. To open the linux partition from windows we need the help of the program, because Windows does not support to read the linux partition. One [...]

  27. [...] untuk yang baru belajar linux, benar-benar membutuhkan informasi ini, karena biasanya ketika kitamenggunakan linux, sangat mudah untuk mengakses file windows dari linux, karena sistem linux [...]

  28. Web says:

    Assalamualaikom wr….wb.
    Seblum saya mencritkan dri saya sma wankawan semua,saya perkenalkan dri dulu.nama sya putra dri desa rempung. Dsa rempung ni terletak di sebelah timur pulau lombok.dan kami sebagai masyarat dsa Rempung puya dari adat,bahasa kami byak sekali persamaan kata/cara berkumunikasi pakai bahasa samawa.itulah sya suka degan lagu2 dari daerah samawa. Wee sanak suwai selaki si ada pang samawa salam kami sereak si ada pang lombok ta. me luk urungan ta sia sereak si ada pang samawa.? Semoga dita pada masi dalam lindungan allah swt.amin

  29. Lalu ilham says:

    Lombok I Love you. Truslh maju untuk menjadi lombok yg indah dan kaya

  30. Mohd Hafizuddin Ramli says:

    Assalamualaikum saudaraku di lombok…
    Semoga kalian sihat2 saja…
    Sy Hafiz berasal dari Malaysia…
    Mohon petunjuk teman2 di lombok jika ada perkhidmatan pelancongan di lombok karna sy akan berkunjung ke Lombok tengah dalam masa terdekat tq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s